Alat bantu dengar adalah perangkat yang mampu membantu orang yang mengalami banyak jenis gangguan pendengaran yang umum. Sayangnya, ada begitu banyak kesalahpahaman, mitos dan kesalahpahaman tentang alat bantu ini, banyak yang bisa mendapat manfaat besar dengan memakainya menghindari atau menolak untuk melakukannya.

Salah satu mitos terbesar tentang alat bantu dengar adalah bahwa alat itu tidak berfungsi. Memikirkan alat bantu dengar mungkin memunculkan gambaran orang tua dengan alat bantu dengar besar di satu telinga yang terus-menerus bertanya, “Apa?” Sayangnya, gambar ini telah berulang kali digunakan berkali-kali di film, iklan dan di TV, itu menjadi stereotip yang akrab.

Seperti kebanyakan stereotip, gambar ini sangat disederhanakan, tidak akurat dan tidak adil. Jika seseorang yang memakai alat bantu dengar tidak mencapai peningkatan pendengaran, ada masalah yang kemungkinan besar mudah diperbaiki. Bisa jadi orang tersebut perlu memakai dua alat bantu dengar, bukan satu. Orang tersebut mungkin tidak tahu cara menyesuaikan perangkat dengan benar, mungkin tidak pas dengan benar, atau mereka mungkin mengalami penurunan pendengaran yang memerlukan jenis alat bantu dengar yang berbeda.

Faktanya adalah, alat bantu untuk mendengar bekerja. Mereka membantu jutaan orang mendengar yang sebaliknya akan berjuang dengan mengambil banyak suara penting yang memperkaya hidup kita.

Kesalahpahaman kedua yang dimiliki banyak orang adalah bahwa mereka tidak nyaman memakainya. Mungkin ada beberapa kebenaran untuk ini secara historis, tetapi hari ini tidak demikian.

Ada banyak jenis dan gaya alat bantu dengar yang berbeda untuk dipilih saat ini. Sebagian besar tidak hanya kecil dan bijaksana, tetapi sangat nyaman. Jika Anda atau seseorang yang Anda kenal memiliki alat bantu dengar yang sangat tidak nyaman, Anda tidak tahan untuk memakainya, ini adalah jaminan bahwa ada pilihan yang lebih baik yang tersedia saat ini.

Berbagai jenis, gaya, dan desain alat bantu dengar yang tersedia saat ini berkaitan dengan kesalahpahaman ketiga tentang pemakaiannya. Banyak orang percaya bahwa mereka tidak menarik, dan mereka lebih suka menderita gangguan pendengaran daripada memakai apa yang mereka anggap sebagai alat yang jelek.

Berbagai jenis alat bantu dengar tersedia tergantung pada jenis gangguan pendengaran yang terlibat. Namun dalam hampir semua kasus, perangkat kecil dan bijaksana tersedia. Sangat mungkin Anda mengenal dan berinteraksi dengan seseorang yang memakai alat bantu dengar, namun Anda tidak pernah menyadarinya! Tidak ada yang ingin terlihat atau merasa tidak menarik, dan industri alat bantu dengar telah menanggapi permintaan alat bantu dengar yang lebih kecil dan lebih bijaksana dengan cara yang mengesankan.

Satu mitos terakhir tentang alat bantu dengar melibatkan biaya. Terlalu sering, orang percaya bahwa mereka sangat mahal, mereka tidak mungkin mampu untuk memiliki alat bantu dengar. Faktanya, banyak perusahaan asuransi sekarang menanggung sebagian atau seluruh biaya alat bantu dengar. Bahkan tanpa perusahaan asuransi, rencana pembayaran dan opsi pembiayaan tersedia untuk membuat biaya peningkatan pendengaran Anda mudah diatur.

Mengatasi mitos, kesalahpahaman, dan kesalahpahaman tentang alat bantu dengar adalah cara terbaik untuk memastikan semua orang yang dapat memperoleh manfaat dari peningkatan pendengaran mereka melakukannya. Saat ini tidak ada alasan untuk menghindari mencari bantuan dalam menghadapi gangguan pendengaran. Alat bantu ini berfungsi, nyaman dipakai, tidak mencolok, dan harganya terjangkau.

Mengalami gangguan pendengaran bukanlah akhir dari segalanya. Seperti namanya, berbagai jenis alat bantu dengar berperan membantu penggunanya untuk mendengar dengan memperkuat bunyi di sekitar. Alat bantu dengar Depok membantu penggunanya lebih percaya diri dalam berkomunikasi dengan orang lain.

Mengatasi Mitos dan Kesalahpahaman Tentang Alat Bantu Dengar

Post navigation


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *